Ar-Rohman Games 2020: Bazar Aneka Makanan Mewarnai Ar-Rohman Games

0
Gambar. Bazar pada Perhelatan Ar-Rohman Games 2020

Kewirausahaan adalah sebuah kemampuan dalam berpikir secara kreatif dan melakukan inovasi. Pikiran kreatif dan inovasi ini merupakan dasar dan juga sumber penggerak sehingga dapat digunakan sebagai tumpuan dalam menghadapi tantangan di depan. Manfaat belajar tentang kewirausahaan ialah sebagai berikut :
  1. Kemampuan merumuskan tujuan hidup atau tujuan usaha. Dalam merumuskan tujuan hidup dan tujuan usaha diperlukan perenungan dan koreksi yang berulang-ulang.
  2. Kemampuan untuk memotivasi diri. Hal ini dilakukan dalam rangka melahirkan semangat yang menyala-nyala.
  3. Kemampuan tersebut dijelaskan menjadi tiga hal memanfaatkan kekuatan, peluang, dan menutup kelemahan (need of achievement, need of affiliation, dan need of power).
  4. Kemampuan berinisiatif atau kebiasaan berinisiatif.
  5. Kemampuan berinovasi, yaitu kemampuan untuk berkarya dan berdaya cipta.
  6. Kemampuan membentuk modal, baik berupa modal sosial dan modal materiil.
  7. Kebiasaan mengatur waktu atau disiplin waktu.
  8. Kemampuan mental yang dilandasi dengan agama.
  9. Kebiasaan diri dalam mengambil hikmah.
Demikian sekelumit pembahasan tentang apa itu kewirausahaan dan manfaat belajar tentang kewirausahaan. Saat ini beberapa sektor sedang menggaungkan tentang berwirausaha, selain manfaatnya yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat lain berwirausaha yakni salah satunya dapat membuka lapangan kerja baru. Lapangan kerja yang banyak tentu akan mengurangi tingkat pengangguran sehingga dapat meningkatkan perekonomian. Materi-materi tentang kewirausahaan saat ini sudah dimasukkan dalam kurikulum pendidikan, baik di pendidikan tinggi maupun menengah. Para mahasiswa dan peserta didik mulai belajar kewirausahaan dan melakukan praktik berwirausaha dengan cara menciptakan produk sesuai ide dan inovasi mereka sendiri kemudian menjualnya kepada masyarakat.

Demi menyukseskan program kewirausahaan yang dicanangkan pemerintah, maka MTs Ar-Rohman  Tegalrejoturut mencanangkan program kewirausahaan melalui kegiatan Bazar. Kegiatan Bazar tersebut wajib diikuti oleh siswa-siswi MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Setiap kelas wajib membuka stand/lapak untuk berjualan produk-produk makanan/minuman yang nantinya diperjualbelikan. Produk yang dijualpun beraneka ragam, mulai dari makanan hingga minuman. Produk tersebut merupakan hasil dari ide dan kreasi mereka sendiri. Selain dijual di stand/lapak, tak jarang mereka juga berkeliling menjual produk yang mereka hasilkan.

Pendanaan bazar didanai oleh kas kelas yang sebelumnya telah mereka kumpulkan dari iuran mingguan. Kemudian modal tersebut dibelanjakan untuk membeli beberapa keperluan untuk produk yang akan dijual. Setelah produk tersebut terjual, keuntungannya akan dikumpulkan kembali bersama uang kas kelas. Uniknya mereka sangat antusias dengan kegiatan Bazar ini, sebab melalui kegiatan ini mereka dapat mencari tambahan untuk uang kas kelas mereka.

Gambar. Keramaian Stand Bazar Siswa-siswi MTs Ar-Rohman Tegalrejo

Kegiatan Bazar sering dilaksanakan berbarengan dengan perhelatan Ar-Rohman Games, sebab kegiatan perlombaan di Ar-Rohman Games memang selalu menghadirkan banyak orang baik peserta lomba maupun para suporter/pendukung. Peluang tersebut dibaca dengan baik, sehingga terlaksanalah kegiatan Bazar tersebut. Siswa-siswi MTs Ar-Rohman Tegalrejo sangat tidak khawatir produk yang mereka jual tidak habis, sebab ramainya perhelatan Ar-Rohman Games 2020 memungkinkan produk mereka akan cepat habis terjual. Hal itu terbukti dengan ludesnya aneka produk yang mereka jual tak lama setelah mereka membuka stand/lapak produk mereka. Siswa-siswi MTs Ar-Rohman Tegalrejo, kalian memang luar biasa !!


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)