Madrasah Berwirausaha : Langkah Awal SP-PIRT "Art Snack"

0

Gambar 1. Kunjungan Staff Sanitarian Puskesmas Gorang Gareng Taji Magetan di lokasi produksi 

Magetan, Ar-Rohman Media - MTs Ar-Rohman Tegalrejo tengah gencar berupaya mengembangkan jiwa kewirausahaan santri sejak dini. Hadirnya ekskul Tata Boga menjadi salah satu upaya nyata dalam rangka mengasah kemampuan santri dalam berwirausaha. Pagi ini staff sanitarian Puskesmas Gorang Gareng Taji sedang melakukan kunjungan di lokasi produksi Art Snack (Ar-Rohman Tegalrejo Snack) yang merupakan olahan makanan kering hasil kreasi ekskul Tata Boga (Sabtu, 11/11/2023).

 
Gambar 2. Stik Bawang Art Snack 

Ekskul Tata Boga merupakan salah satu dari sembilan ekskul pilihan yang dihadirkan di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Santri yang tergabung dalam ekskul ini adalah mereka yang memiliki minat dan bakat di bunia kuliner dan berwirausaha. "Kunjungan yang dilakukan pagi ini merupakan tindak lanjut yang dilakukan dari Puskesmas Gorang Gareng Taji dalam rangka survei lokasi dan pembinaan izin SP-PIRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) terhadap produk makanan kering hasil olahan ekskul Tata Boga," ungkap Ustadzah Rofiq salah satu pembina ekskul Tata Boga yang ditemui pagi ini. "Kembang goyang, stik bawang, dan cipiran produk yang kami ajukan perizinannya," ungkap Ustadzah Irena disela kesibukannya pagi ini. 

Gambar 3. Kembang Goyang Art Snack

"Kondisi dapur tempat untuk memproduksi sudah baik, bersih, dan sesuai standart yang diharuskan. Bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi juga sudah BPOM seluruhnya," tutur Ibu Parti salah satu staff sanitarian di lokasi produksi. Beliau juga menjelaskan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan usai kegiatan pembinanaan dan survei lokasi produksi. langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengurus perizinan ke DPMPTSP (mall MPP) agar dapat ditindaklanjuti. Beliau juga berpesan agar terus menjamin kehigienisan produk selama proses pembuatan, pengemasan hingga akhirnya dinikmati oleh para pelanggan. 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)