TETAP ASIK DAN MENARIK MATSAMA VIRTUAL 2021 MTs AR-ROHMAN TEGALREJO

0

 



Semarak menyambut tahun pelajaran baru 2021 menjadi sebuah panorama kebahagiaan bagi para santri. MATSAMA (Masa Ta’aruf  Santri Madrasah) menjadi kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap lembaga pendidikan dalam mengawali tahun pelajaran. Terselenggaranya kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengenalkan lingkungan madrasah pada segenap santri baru. Dengan tujuan membantu proses adaptasi mereka dengan lingkungan barunya. Mengenalkan ragam peraturan, pembiasaan, dan model pembelajaran yang akan mereka terima.    

 

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Patuh protokol kesehatan wajib ditaati. Beragam upaya dilakukan dalam rangka memutus rantai penularan covid-19 yang semakin mewabah. Ini menjadi sebuah tantangan baru bagi setiap lembaga pendidikan. Menuntut para insan pendidik untuk berpikir kreatif dan tanggap mencari alternatif agar kegiatan diawal tahun pelajaran 2021 tetap dapat berjalan dengan lancar meskipun kondisi masih pandemi. Google meeting aplikasi yang dipilih. Diharapkan akan tercipta suasana interaktif dengan menggunakan aplikasi ini.

 

MTs Ar-Rohman Tegalrejo salah satu lembaga pendidikan yang mengemas kegiatan MATSAMA 2021 secara virtual. Hal ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam memutus rantai penularan covid-19. Selain hal tersebut, juga sebagai pembuktian bahwa segenap tenaga pendidik di MTs Ar-Rohman terus berinovasi memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi.

 

“Selamat bergabung segenap santri baru MTs Ar-Rohman, meskipun kegiatan MATSAMA tahun ini diselenggarakan secara virtual semoga semangat kalian untuk belajar dan mengukir prestasi tidak pernah tersurutkan,” tutur Ustadz Awalludin Ma’ruf kepala madrasah diakhir sambutannya dalam opening ceremony MATSAMA virtual 2021.      

 

Pengemasan kegiatan didesain semenarik mungkin. “Ketegalrejoan” salah satunya. Materi ini mampu dikemas dengan menarik. “Tegalrejo salah satu wilayah yang menyimpan sejarah besar di masa lampau, santri MTs Ar-Rohman wajib tahu dan bangga tentang hal itu,” tutur Ustadz Gufron yang ditemui seusai menyampaikan materi pagi itu (15/07/2021). Kegiatan MATSAMA virtual 2021 berlangsung sejak tanggal 12-15 Juli 2021. Materi mengacu pada buku modul “Membangun Karakter Moderat”.  “Alhamdulillah kegiatan MATSAMA virtual tahun ini berjalan dengan lancar dan kondusif, antusias para santri juga begitu luar biasa,” ungkap Ustadz Andika wakil kepala bidang kesiswaan sekaligus ketua penyelenggara kegiatan.

 

Tidak ketinggalan apresiasi juga diberikan bagi para santri berprestasi di tahun ini. Hal tersebut sebagai salah satu upaya memupuk semangat segenap santri untuk lebih giat lagi dalam belajar dan mengembangkan bakat mereka. Meskipun pembelajaran masih terkemas secara daring, namun tidak menjadi alasan untuk abai dalam belajar dan semangat meraih cita-cita gemilang. “Program bilingual salah satu inovasi pembelajaran yang akan diterapkan di madrasah ini,” ungkap Ustadzah Yunta salah satu pemateri. Diharapkan keterampilan santri dalam penggunaan Bahasa Inggris akan lebih optimal dengan penerapan program pembelajaran ini.


                                                                               Tim Jurnalis MTs Ar-Rohman

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)