MTs Ar-Rohman Tegalrejo Menyelenggarakan Ujian Berbasis Komputer (CBT) Secara Mandiri

0

Gambar. UAS-BK di MTs Ar-Rohman Tegalrejo

Barangkali kita sudah sangat familiar sekali dengan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ujian Nasional (UN) memanfaatkan sistem komputer memang digunakan oleh pemerintah untuk meningkatkan tingkat kejujuran & kemurnian hasil UN. Tidak dipungkiri memang UN dengan memanfaatkan sistem komputer sangat mampu mengurangi tingkat kecurangan dalam mengerjakan soal UN. Hal itu terjadi dikarenakan dalam sistem ujian menggunakan komputer, soal yang muncul antara satu siswa dengan siswa yang lain bisa jadi berbeda urutannya alias diacak. Selain urutan soalnya yang diacak, bahkan urutan pilihan jawaban juga bisa diacak sehingga akan membuat siswa sulit untuk mencotek jawaban dari siswa yang lain. Hal tersebut tentu meningkatkan tingkat kemurnian hasil ujian siswa.

Berawal dari semangat yang sama, yaitu untuk meningkatkan tingkat kemurnian hasil ujian siswa. MTs Ar-Rohman Tegalrejo turut memanfaatkan sistem komputer untuk ujian. MTs Ar-Rohman Tegalrejo memanfaatkan sistem CBT atau Computer Based Test yang secara mandiri kami bangun di ruang Laboratorium Komputer. Sistem CBT tersebut kami namai ARCBT atau Ar-Rohman Computer Based Test. 

Penggunaan pertama kali ARCBT setelah selesai kami bangun ialah untuk pelaksanaan cabang lomba Olimpiade Matematika dan IPA pada Ar-Rohman Games 2019. Tentu sebelumnya sudah diujicobakan secara terbatas kepada beberapa siswa untuk Ujian Akhir Semester (UAS) untuk menguji bagaimana sistem CBT berjalan.

Kehandalan sistem ARCBT sudah sangat teruji sepanjang tahun 2019. Oleh sebab itulah pada akhir semester ganjil, MTs Ar-Rohman Tegalrejo memutuskan memanfaatkan ARCBT untuk melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) untuk beberapa mata pelajaran serta melibatkan peserta ujian dari kelas 7, 8, dan 9. Pelaksanaan UAS Berbasis Komputer (UAS-BK) yang kami selenggarakan secara mandiri berlangsung sangat lancar. Peserta ujian juga langsung dapat melihat hasil tes yang mereka secara langsung sesaat setelah mereka mengakhiri tes.

Kelebihan penggunaan CBT ialah kemudahan & kecepatannya dalam mendapatkankan hasil ujiannya. Sebab, setelah siswa selesai mengerjakan ujian, mereka dapat melihat sendiri berapa nilai yang berhasil mereka dapatkan. Proktor CBT juga langsung dapat mengambil rekap nilai dari hasil ujian siswa dan mengumumkan atau menempelkan ke papan pengumuman jika menghendaki.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)