Kenalkan Kemiliteran : Memupuk Disiplin dan Tanggung Jawab Segenap Pengurus OSIS MTs Ar-Rohman Tegalrejo

0
Gambar. 1 Persiapan outbound turun tebing

Magetan, Ar-Rohman Media - Latihan Dasar Kepemimpinan segenap pengurus OSIS MTs Ar-Rohman Tegalrejo tersaji lebih menarik tahun ini. Kegiatan LDK dilaksanakan mulai tanggal 24-25 April 2024 bertempat di SECATA Rindam V Brawijaya. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan sukses.

Gambar 2. Salah satu kegiatan bersih diri sebelum mengikuti kegiatan selanjutnya

Peserta dijemput langsung menggunakan truk militer. Sebelum pemberangkatan seluruh peserta mendapatkan pengarahan dari waka kesiswaan "Ikuti kegiatan LDK dengan baik, selalu jaga sopan santun dan selalu jaga nama baik madrasah," tutur Ustadz Andika yang ditemui pagi ini (Rabu, 24/04/2024).

Gambar 3. Gotong royong membersihkan lingkungan usai kegiatan 

Di SECATA Sekolah Calon Tamtama peserta LDK mendapatkan ragam materi tentang dasar-dasar kepemimpinan dan kedisiplinan. Mereka dipupuk untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, rasa peduli dengan sesama, dan tidak apatis dalam hal apapun. Sebab, sebagai calon pemimpin harus sudah tertanam pada diri mereka sikap tersebut. 

Gambar 4. Istirahat makan snack siang bersama peserta LDK 

Setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit tibalah mereka di lokasi kegiatan. Setibanya mereka langsung disambut dengan hangat oleh segenap pelatih yang bertugas. Di awal mereka diberikan pengarahan dan disampaikan pula tata tertib yang harus mereka patuhi selama menempuh pendidikan militer. Fasilitas seperti barak tempat tidur, kamar mandi, ruang kelas, tempat outbound, ruang makan, dan mushola sudah tersedia dalam kondisi yang bersih tentunya. 

Gambar 5. Kegiatan makan siang di ruang makan berlangsung dengan  tertib dan kondusif

Usai seluruh peserta meletakkan barang bawaannya di barak, mereka kemudian mengikuti apel pembukaan. Kegiatan dilanjutkan dengan outbound turun tebing, flying fox,  dan games seru lainnya. Tepat jam 12.00 WIB seluruh peserta LDK diberikan waktu untuk bersih diri persiapan sholat Zuhur berjamaah dan makan siang. Selain mendapatkan materi tentang dasar-dasar kepemimpinan mereka juga mendapatkan materi tambahan Pertolongan Pertama Pada Korban kecelakaan P3K dan PBB. Diharapkan usai kegiatan ini pada peserta yang tergabung dalam kepengurusan OSIS ini mampu menjadi panutan dan contoh yang baik dalam segala hal selama di sekolah. 

Gambar 6. Foto bersama usai kegiatan apel penutupan bersama segenap pelatih 

Semua kegiatan dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan tepat waktu. Semua kegiatan terlaksana dengan lancar sesuai jadwal yang sudah disepakati. Pengawasan yang diberikan oleh pelatih dilakukan dengan optimal selama 24 jam. Sungguh luar biasa, bukan?? "Nantinya wajib militer tidak hanya diberikan kepada segenap pengurus OSIS saja tetapi akan diberlakukan kepada segenap siswa dengan harapan jiwa disiplin terpupuk dalam diri mereka" tutur Ustadz Awalludin Ma'ruf, S.Pd. 





Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)