Konsekuensi Belajar Pada Pemulangan Santri Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo

1
Gambar. Tes kesehatan sebelum pemulangan santri

Menilik situasi penyebaran wabah Covid-19 yang begitu cepat. Terlebih lagi, Kabupaten Magetan yang kini telah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19. Maka Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo mengeluarkan keputusan untuk memulangkan para santri sebagai upaya pengurangan risiko penularan yang lebih cepat lagi. Risiko yang dihadapi lebih besar jika penularan sudah memasuki wilayah pondok pesantren. Oleh sebab itulah, Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo tidak ingin mengambil risiko yang begitu besar tersebut serta bentuk lembaga dalam mematuhi rekomendasi dari pemerintah dan lembaga berwenang dalam rangka menghentikan laju penyebabaran virus corona atau Covid-19. Berikut maklumat yang dikeluarkan oleh Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo :


Tujuan pemulangan ini tentu utamanya ialah agar pengawasan terhadap para santri bisa lebih maksimal. Para santri yang dipulangkan hari ini mendapat perlakuan khusus dari instansi berwenang khususnya dari TNI, Kepolisian, dan Puskesmas setempat. Mereka didata kemudian dilakukan tes kesehatan dan harus dinyatakan "sehat" sebelum mereka benar-benar meninggalkan lingkungan pondok pesantren dan kembali ke daerah atau rumah mereka masing-masing.


Gambar. Aktivitas Pemulangan Santri Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo

Para santri Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo yang sebagian besar merupakan siswa-siswi MTs Ar-Rohman Tegalrejo tersebut akan tetap melaksanakan kewajiban belajarnya melalui skema atau strategi "Learn From Home atau Belajar Di Rumah".  Strategi pembelajaran tersebut dikenal juga sebagai "Pembelajaran Jarak Jauh atau Distance Learning". Siswa akan diberikan sejumlah penugasan yang diumumkan melalui website sekolah dan dapat dikerjakan di rumah secara mandiri serta dapat didampingi dari orang tua atau wali murid. Mekanisme pelaporannya juga sudah dideskripsikan pada website sekolah. 

Tim pengembang pendidikan MTs Ar-Rohman Tegalrejo sudah mempertimbangkan model pembelajaran jarak jauh yang nantinya akan digunakan agar tidak menyulitkan para siswa. Walaupun begitu kami mengupayakan pembelajaran jarak jauh tersebut dapat berjalan efektif. Tak lupa kami juga menginformasikan bahwa siswa tak hanya akan melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh tetapi juga akan melaksanakan ujian semester secara jarak jauh pula atau Ujian Semester Online. Pastikan para orang tua atau wali murid untuk tetap rajin memeriksa website sekolah agar segera mendapatkan informasi terkini mengenai hal tersebut. Hal tersebut cukup penting sebab hasil dari aktivitas pembelajaran jarak tersebut yang akan menentukan apakah siswa kelas 7 & 8 akan naik kelas dan siswa kelas 9 akan lulus. Aktivitas pembelajaran jarak jauh tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sebagai konsekuensi belajar akibat adanya kejadian atau wabah Covid-19. Semoga kita semua senantiasa diberikan perlindungan dan kesehatan oleh Allah SWT.
Tags

Posting Komentar

1Komentar
Posting Komentar